The Role of the Family in Character Education for Early Age Children 0-8 Years

Authors

  • Difly Praise Malelak Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Marisa Aulia Gea Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61166/elm.v1i2.39

Keywords:

Family, Character, Child

Abstract

The family is the first place of education for a child in his life, which is the basis for forming a child's character and education. This research aims to explore the role of the family in educating children's character. The research method used is a qualitative method where the author seeks various information regarding the role of the family in educating the character of early childhood from various information regarding this matter. And here the role of the family is very important in educating a child to have good character, without a good family the child will not experience good character growth and development.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA REMAJA USIA SEKOLAHDITINJAU DARI TEORI PENDIDIKAN SEKS. Jurnal Biolokus, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i1.307

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.164

Banu, S., & Manik, N. D. Y. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA YANG TIDAK MEMILIKI AYAH. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.49

Cahyaningtyas, A. S. (2020). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENT REALITY UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20–37. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Erniwati, E., & Fitriani, W. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ORANG TUA MELAKUKAN KEKERASAN VERBAL PADA ANAK USIA DINI. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.1-8

Firmansyah, F. (2022). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3827

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). KESESUAIAN KONTEKS DAN ILUSTRASI PADA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENDIDIK KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.15799

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Hasiana, I. (2020). Peran Keluarga dalam Pengendalian Perilaku Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun. Child Education Journal, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1538

Helma, H., & Suryana, D. (2022). Peranan Keluarga dalam Pembinaan Akhlak Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), Article 6.

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). PENANAMAN NILAI KEJUJURAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK MODELING. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), Article 1.

Holis, A. (2017). PERANAN KELUARGA/ ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan UNIGA, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52434/jp.v1i1.8

Hyoscyamina, D. E. (2011). PERAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Jr, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Marampa, E. R., & Dethan, E. (2022). Peran Keluarga Dan Masyarakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anak Usia Dini. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.59177/veritas.v4i2.163

Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43

Nurlaili, N. (2018). SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Nurliana, N., Ulya, M., Sukiyat, S., & Nurhasanah, N. (2022). PERAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.403

Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak | Jurnal Pendidikan Islam. (t.t.). Diambil 29 November 2023, dari https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2933

Retnaningrum, W. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Warna, 2(2), Article 2.

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878

Rogi, B. A. (2015). PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN TATAARAN 1 KECAMATAN TONDANO SELATAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4), Article 4. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8657

Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), Article 1.

Sainul, A. (2018). KONSEP KELUARGA HARMONIS DALAM ISLAM. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i1.1421

Saleh, M. (2013). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD SE-KECAMATAN LIMBOTO. LAPORAN PENELITIAN, 6(170). https://repository.ung.ac.id/en/karyailmiah/show/170/peran-guru-dalam-menanamkan-pendidikan-karakter-anak-usia-dini-di-paud-se-kecamatan-limboto.html

Saputra, W. (2021). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609

Sarnoto, A. Z. (2016). KELUARGA DAN PERANANNYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), Article 1.

Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati, M. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN MODEL OUTBOUND. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), Article 2.

Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45

Wahidin, U. (2017). PERAN STRATEGIS KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.30868/ei.v1i02.19

Wasis, S. (2022). PENTINGNYA PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

Widianto, E. (2015). PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817

Yenti, Y., & Maswal, A. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2045–2051. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1218

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Difly Praise Malelak, & Marisa Aulia Gea. (2023). The Role of the Family in Character Education for Early Age Children 0-8 Years. Elementaria: Journal of Educational Research, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.61166/elm.v1i2.39